^_^

^_^

Rabu, 20 Januari 2016

Ideologi


sekarang ingin membagikan sedikit informasi mengenai ideologi, dari manakah berasalnya, siapa yang menciptakan dankapan di perkenalkan?

Jadi,....


Ideologi adalah ide atau gagasan. 
Kata ideologi sendiri diciptakan oleh Antoine Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan "sains tentang ide". 
Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu (dibandingkan Weltanschauung), secara umum (lihat Ideologi dalam kehidupan sehari hari) dan beberapa arah filosofis (lihat Ideologi politis), atau sekelompok ide yang diajukan oleh kelas yang dominan pada seluruh anggota masyarakat.
Tujuan untama di balik ideologi adalah untuk menawarkan perubahan melalui proses pemikiran normatif. 
Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi inti politik. 
Secara implisit setiap pemikiran politik mengikuti sebuah ideologi walaupun tidak diletakkan sebagai sistem berpikir yang eksplisit. (definisi ideologi Marxisme).
Kata Ideologi pertama sekali diperkenalkan oleh filsuf Prancis Destutt de Tracy pada tahun 1796. 
Kata ini berasal dari bahasa Prancis idéologie, merupakan gabungan 2 kata yaitu, idéo yang mengacu kepada gagasan dan logie yang mengacu kepada logos, kata dalam bahasa Yunani untuk menjelaskan logika dan rasio.  
Destutt de Tracy menggunakan kata ini dalam pengertian etimologisnya, sebagai "ilmu yang meliputi kajian tentang asal usul dan hakikat ide atau gagasan". 

sekian dan terima kasih... maaf bila ada kesalahan dan kritik serta saran dapat membantu lagi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar